engineer jaman sekarang tidak hanya dituntut kuat dalam berhitung dan menganalisis, tapi juga mengetahui dan menguasai software-software untuk pekerjaannya

Pekerjaan utama yang membedakan profesi engineer dengan profesi lainnya adalah pekerjaan perancangan (design). Jaman dahulu pekerjaan perancangan seperti menyiapkan gambar-gambar teknik harus memakan waktu yang cukup lama. Gambar teknik biasanya diawali dengan pembuatan sketsa kemudian dianalisis dengan mempertimbangkan fungsi, kekuatan elemen, bahan yang digunakan, dimensi, dan lain-lain. Kemudian sketsa disempurnakan menjadi gambar rancangan. Oleh perancang sendiri atau dibantu juru gambar (drafter), gambar rancangan dibuat menjadi gambar kerja agar bersifat mudah dibaca oleh pengguna gambar. Proses pembuatan gambar kerja dilakukan secara manual menggunakan pensil yang selanjutnya digambar ulang dengan tinta agar permanen, tahan lama, dan mudah direproduksi. Jadi bisa anda bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk rangkaian pekerjaan tersebut, apalagi jika si drafter  menemui banyak kesalahan. Namun sekarang ini dengan tersedianya softwaresoftware untuk engineer, pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dalam hitungan jam atau bahkan menit.

Oleh karena itu, engineer jaman sekarang tidak hanya dituntut kuat dalam berhitung dan menganalisis, tapi juga mengetahui dan menguasai softwaresoftware untuk pekerjaannya. Di bawah ini, saya membuat daftar softwaresoftware yang sering saya gunakan untuk pekerjaan engineer di sebuah manufaktur alat-alat dan mesin-mesin pertanian.

 

1. AutoCAD

AutoCADAutoCAD adalah sebuah aplikasi software CAD (computer aided design) dan drafting untuk menggambar model 2D dan 3D yang dikembangkan oleh Autodesk. AutoCAD sepertinya sudah menjadi software wajib bagi engineer di semua profesi engineer, seperti mechanical, architectural, civil, electrical, electronic, dan aeronautical. Saya sendiri dari industrial engineering (teknik industri) sudah membutuhkan software ini ketika masih kuliah, yaitu untuk membuat gambar part produk untuk kelengkapan data tugas praktikum dan Tugas Akhir.

Saat ini, saya menggunakan AutoCAD untuk menyiapkan gambar-gambar yang berhubungan dengan detail perakitan dari berbagai macam jenis produk, termasuk jig, fixture, dan tools lain yang dibutuhkan untuk mendukung proses produksinya. Ketika masih bekerja di manufaktur sepatu, saya juga sering membutuhkan AutoCAD untuk mengatur perubahan tata letak lini produksi dan  mesin-mesin akibat adanya pergantian model sepatu.

Versi AutoCAD yang pernah saya gunakan antara lain: AutoCAD R14 dan AutoCAD 2000 saat masih di sekolah kejuruan (STM), AutoCAD 2004 dan AutoCAD 2005 ketika masih kuliah, dan sekarang AutoCAD 2010 di kantor dan AutoCAD 2013 di rumah. Dari sekian banyak versi AutoCAD yang pernah saya coba, saya tidak merasakan ada perbedaan mendasar terkecuali pada tampilan dan fitur visualisasinya saja.

tampilan-autocad-2013
Tampilan AutoCAD 2013

 

 

2. SolidWorks

SolidWorks adalah software CAD 3D untuk mechanical design yang dikembangkan oleh SolidWorks Corporation yang sekarang sudah diakuisisi oleh Dassault Systèmes, S. A. Saya mempelajari software ini sekitar empat bulan yang lalu berdasarkan tutorial yang dibagikan Yadi Setiadi (baca: Solidworks Tutorial), kesimpulannya sangat mudah dan sekarang saya sudah bisa menggunakannya 🙂 meskipun masih pada tahap pemula.

SolidWorks biasanya saya gunakan untuk menggambar sebuah part yang sulit dikomunikasikan dengan customer jika digambarkan dalam bentuk 2D. Terkadang juga saya menjumpai beberapa part yang lebih mudah dan cepat digambarkan dalam model 3D (menggunakan SolidWorks), kemudian dari model 3D tersebut saya bisa secara instant menciptakan gambar proyeksi ortogonal 2D (dalam standar perusahaan saya menggunakan proyeksi kuadran III/ proyeksi Amerika).

 

tampilan-solidworks-2010
Tampilan SolidWorks 2010

 

3. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator merupakan software grafis berbasis vektor yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Software sejenis lain yang mungkin anda gunakan adalah CorelDRAW, Xara Designer Pro, dan Macromedia FreeHand. Versi yang saya gunakan saat ini adalah Adobe Illustrator Creative Suite 3 (Adobe Illustrator CS3). Saya menggunakan Adobe Illustrator untuk keperluan desain label (stiker), name plate mesin, boks kemasan produk, desain industri, dan buku petunjuk penggunaan (owner’s instruction manual & illustrated part lists).

 

tampilan-adobe-illustrator-cs3
Tampilan Adobe Illustrator CS3

 

4. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah software editor grafis buatan Adobe Systems yang khusus untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Biasanya software ini saya gunakan untuk memberikan efek pada sebuah foto produk/part dan menyeleksi objek produk agar terpisah dari background-nya untuk tujuan presentasi laporan maupun kemudahan tracing pada Adobe Illustrator. Menu dan tools yang sering saya gunakan adalah:

  • Auto Tone, berfungsi memperbaiki tonal warna secara otomatis pada gambar atau foto.
  • Auto Contrast, berfungsi menajamkan kontras warna secara otomatis pada gambar atau foto.
  • Auto Color, berfungsi mengoreksi warna secara otomatis pada gambar atau foto.
  • Crop Tool , berfungsi memotong gambar atau foto secara permanen dengan area potong berbentuk kotak sehingga mengubah bentuk dimensi lebar dan tinggi foto.
  • Magnetic Lasso Tool, berfungsi menyeleksi objek produk pada foto, cara kerjanya tempelkan tool ini pada tepi objek yang akan dipotong kemudian gerakan mouse mengelilingi tepian objek sehingga terbentuk titik-titik penghubung seleksi. Seleksi itu kemudian dibalik (klik kanan dan klik Select Inverse) untuk menghapus background.

 

tampilan-adobe-photoshop-cs2
Tampilan Adobe Photoshop CS2

 

5. Microsoft Visio

Microsoft Visio adalah sebuah software yang menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram-diagram dan skema-skema yang dibuat oleh  Visio Corporation kemudian diakusisisi oleh Microsoft Corporation pada tahun 2000. Visio paling sering saya gunakan ketika membuat operation process chart (OPC). Visio juga dapat digunakan untuk  tata letak pabrik, Gantt chart, value stream mapping (VSM), bahkan gambar part dan assembling produk.

 

tampilan-microsoft-visio-2010
Tampilan Microsoft Visio 2010

 

6. Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah software yang dibuat oleh Microsoft Corporation untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik, dan manajemen data. Hampir semua pekerja kantor saat ini menggunakan Microsoft Excel (atau alternatifnya seperti OpenOffice Calc). Saat bekerja di manufaktur sepatu saya banyak membuat kombinasi-kombinasi formula Excel untuk mendapatkan kesimpulan planning dari sekian banyak data angka yang di-entry, tapi saat ini Excel hanya saya gunakan untuk mengetik laporan-laporan trial, membuat intruksi  kerja (work instruction), dan pekerjaan-pekerjaan mengetik lainnya yang sebetulnya lebih tepat dikerjakan dengan aplikasi Microsoft Word :D.

 

tampilan-microsoft-excel-2010
Tampilan Microsoft Excel 2010

 

Demikian enam software yang sering saya gunakan untuk pekerjaan engineering. Untuk lebih lengkap tentang informasi softwaresoftware engineering, khususnya untuk industrial engineering, silahkan lihat tulisan Nurrahman Arif yang berjudul Software untuk Kuliah Teknik Industri.

41 thoughts on “ Software-Software yang Saya Gunakan untuk Pekerjaan Engineering ”

  1. Software-software dasar buat statistik ga ada? seperti Minitab atau SPSS. Software buat simulasi biasa pake apa? Promodel atau Arena? 3D Max dipake juga ga? Matlab? Stella? Banyak lagi software-software yang ‘aneh’ kalo bicara soal engineering, software2 tersebut cuma software dasar untuk satu ranah tertentu aja (statistik, simulasi, dll).

    Like

  2. Mas Ade Indriawan, kami saat ini baru mengajukan software-software kritis (yg sering digunakan).
    Untuk statistik, team engineering mengoptimalkan software yg sudah ada, yakni: Microsft Excel.
    Untuk SPSS, investasi untuk beli lisensi cukup besar, puluhan juta rupiah.
    Minitab saya melihat software ini digunakan di Dept. QC.

    Software simulasi yg familiar untuk saya hanya promodel dan stella.
    simulasi yg digunakan biasanya lewat kegiatan trial dan penggunaan Microsft Excel. Saat ini saya sedang mengamati beberapa kegiatan yg dapat disimulasikan (untuk improvement) dengan Promodel sehingga nantinya pembelian software bukan sebuah pemborosan. Arena sampai saat ini saya belum pernah menggunakannya, apakah lebih mirip ke Promodel atau ke PowerSIM?

    Untuk Matlab, saat ini belum ada kebutuhan untuk software ini. Menurut saya, peran 3DMax sudah digantikan oleh Solidworks, tetapi jika ada keunggulan 3DMax dibanding Solidworks, silahkan di-share.

    Setelah saya bekerja di dua perusahaan manufaktur, saya melihat perusahaan-perusahaan kini lebih memfokuskan anggaran software untuk menyempurnakan sistem ERP-nya.

    Terima kasih, mas atas kunjungannya dan informasinya. Saya list software yang anda sebutkan di atas.

    – Minitab
    – SPSS
    – Promodel
    – Arena
    – 3D Max
    – Matlab
    – Stella

    Like

  3. Saya pernah menggunakan Ubuntu, dari keenam software di atas, hanya yg mirip SolidWorks yg belum saya temukan. Jika Anda punya nama-nama software opensource pengganti keenam software di atas, mohon kiranya di-share di sini.

    Like

  4. pertama thx buat info nya mas, dan ada yg ingin saya tanyakan..seputar perbandingan solidworks dan autocad…saya lihat mas pengguna autocad sejak lama dan juga sudah menggunakan solidworks..apabila mas berkenan bisa di share plus minus yg bisa dikerjakan oleh solidworks dan tidak bisa dikerjakan oleh autocad..ataupun sebaliknya…

    kebetulan saat ini saya baru saja bekerja sebagai marketing di suatu perusahaan reseller resmi solidworks di jakarta..dan membutuhkan informasi untuk perbandingan ke dua software tersebut..

    Terma kasih

    Btw mas anak mercu juga toh..

    Like

  5. Sebelum menggunakan Solidworks, saya sudah sedikit paham teori Gambar Teknik dan penggunaan AutoCAD jadi tidak ada kendala saat pertama kali belajar Solidworks. Kesan pertama: ringan dan mudah digunakan. Dengan modal tutorial yg di-download dari internet, saya hanya membutuhkan waktu 1 minggu untuk bisa menggunakan Solidworks dalam pekerjaan saya.

    Untuk beberapa part, saya lebih memilih menggambarkannya dalam model 3D menggunakan SolidWorks, meskipun gambar yg dibutuhkan adalah gambar proyeksi Amerika (2D) karena view dan bentuk benda sesuai dengan apa yang ada dalam imajinasi saya.

    Dalam AutoCAD jika ada perubahan design, dimensi satu per satu harus dirubah dan terkadang sulit untuk konsisten.

    Saya pernah menangani plunger mesin power spray dari supplier baru yg dimensi panjangnya lebih panjang dari dimensi standar. Dengan Solidworks pada mode assembly, saya dapat dengan cepat mengambil kesimpulan apakah dengan plunger baru tersebut terjadi benturan atau tidak.

    Namun demikian untuk pembelajaran gambar teknik, saya masih merekomendasikan gambar manual dan AutoCAD. Saya kira ini masih penting sebagai dasar ilmu bagi seorang engineer atau drafter, misal dalam gambar manual kita akan mempelajari teknik-teknik bagaimana menggambar gambar bentangan yang presisi dari sebuah kerucut.

    Saya sendiri penyuka Solidworks dan tidak banyak berkecimpung dalam dunia drafter, mungkin anda bisa tanya juga ke rekan saya yg serius menekuni dunia drafter dan yg paling penting dia penyuka AutoCAD sehingga anda bisa temukan apa kelemahan Solidworks. Ini link rekan saya: http://www.autocad-tangerang.com

    Iya betul saya alumni mercu buana jakarta

    Like

  6. thanks buat sharingnya mas, yg mas sebutkan diatas untuk benturan dan perubahan design memang salah satu dari beberapa kelebihan SW, ok mas terima kasih informasinya dan link rekan mas buat refrensi saya juga..

    salam kenal mas, saya dr IT mercu buana..

    Like

  7. hallo mas, thx buat sharingnya .. kebetulan saya juga pakai autocad dan perusahaan saya sekarang sedang mengajukan solidworks untuk software tambahannya .. mas eris sekarang kerja di PT apa mas ..

    salam kenal y

    Like

  8. kalo software yang untuk simulasi kira-kira apa ya mas?
    apakah di solidworks bisa simulasi stamping proses hot/cold forging?

    Like

  9. Software-nya lisence atau tidak ? mending cari yang freeware saja.. baca nih undang-ungangnya :

    Pasal 72 ayat 3
    Dengan sengaja & tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu Program Komputer (hukuman penjara maksimal 5 tahun atau denda Rp 500 juta).

    Like

    1. autocad ada free licensi 3 tahun.
      solidwork menang di simulasi terkait dengan flow,
      lebih baik klo yg sdh familiar dg autocad, bisa pake
      autodesk inventor. dibanding dg solid, inventor menang
      di analisa struktur karena di infentor ada stress analysis
      gabungan dg ansys. free licensy 3 tahun juga.

      Like

  10. Halo mas, apakah untuk belajar mechanical design harus punya background teknik mesin? Kalau mas background teknik industri dengan kemampuan design dapat prospek kerja apa saja mas? Terimakasih mohon sharing nya😁👍

    Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.