Angka jam disebelah kiri layar monitor menunjukan pukul 09.10 malam. Di Sabtu malam yang dihiasi suara rintik hujan ini, saya sedang  menderita kegalauan. Bukan karena tidak bisa ngapel (lagian juga mau ngapelin siapa), tapi besok saya harus kuliah terakhir di semester ini, sementara di waktu yang sama akan berlangsung reuni akbar STM 80 Tangerang.

STM 80 VTRBanyak kenangan di STM 80 terutama kenakalan remaja khas anak STM. Tapi yang paling utama adalah STM 80 telah memberikan dasar-dasar keteknikan (engineering) di bidang permesinan dan industri yang mempengaruhi cara berpikir saya selanjutnya ketika saya kuliah dan bekerja di bidang industrial engineering. Pernah suatu ketika saya berani berdebat dengan manajer tentang masalah karakteristik  bahan logam kemudian saya mencoba meyakinkan dengan bilang:

“Saya dulu sekolah di STM Mesin, Pak! Jadi ngerti masalah ini!”

Kemudian manajer membalas “Saya Metalurgi UI! Jadi lebih dalem belajarnya daripada kamu!”,

Gubbrakkk.. akhirnya saya diam dan sami’na wa atho’na alias nurut sama pimpinan. 🙂

Saya masuk STM 80 tahun 2000. Sekolah ini terletak di Jalan Veteran No. IA Kota Tangerang dengan nama resmi SMK Negeri 4 Tangerang. Lho kok disebut STM 80? Begini ceritanya, STM ini dibangun pada tahun 1976 sebagai bagian dari Program Pembangunan Lima Tahun (PELITA) di Bidang Pendidikan dengan nama Proyek Pelita Peningkatan Pendidikan Teknik, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Penerimaan siswa baru di STM 80 pertama kali dimulai pada tahun pelajaran 1980/1981 dengan membuka tiga jurusan, yaitu Mesin, Listrik dan Bangunan/Sipil. Sekolah ini merupakan salah satu dari proyek peningkatan 80 (delapan puluh) Sekolah Teknologi Menengah (STM) di Indonesia sehingga sekolah ini dikenal luas oleh masyarakat dengan sebutan STM 80, meskipun nama resminya ketika itu adalah STM Negeri Tangerang.

SMK Negeri 4 Tangerang
Sumber: smkn4-tng.sch.id

Pertama didirikan STM 80 adalah STM ketiga di Kabupaten Tangerang setelah STM Pertanian (sekarang: SMK Negeri 2 Tangerang) dan STM Yuppentek I. Masuk ke STM 80 bagi saya merupakan suatu kebanggaan karena termasuk sekolah unggulan, STM Negeri (Kelompok Teknologi dan Industri) satu-satunya di Kabupaten Tangerang, dengan prestasi kompetensi kejuruan teknik terbaik kedua se-provinsi Banten.

Prestasi STM 80 tersebut mungkin dikarenakan seleksi masuk yang cukup ketat, guru-guru yang berpengalaman dan kompeten pada bidangnya, dan fasilitas-fasilitas pendukung belajar yang bisa dikatakan terlengkap di Kabupaten Tangerang. Jika Anda pernah masuk ke sekolah ini, Anda pasti merasa berada di sebuah kawasan industri mini, di mana di sekolah itu terdapat banyak bengkel-bengkel besar dengan puluhan mesin dan peralatan-peralatan keteknikan, bengkel fabrikasi, bengkel CNC, dan studio-studio gambar.

Di STM 80, guru-gurunya gaul dan banyak meninggalkan kenangan, tapi di “bawah alam sadar” alumni-alumni STM 80 yang tertanam adalah nama Kepala Sekolah :D. Mereka biasanya akan mencirikan jamannya berdasarkan kepemimpinan kepala sekolahnya. Sebagai contoh, saya pernah ketemu alumni tahun 90-an yang bertanya: “gue dulu sekolah jamannya Sudirman (maksudnya Bapak E. Sudirman), gimana sekarang masih ada ngga?”. 🙂

Berikut daftar Kepala Sekolah STM 80 yang saya ambil dari situs smkn4-tng.sch.id:

  1. H. Endju Djuanda, Pemimpin Proyek sekaligus Kepala Sekolah Pertama menjabat dari Tahun 1980/1981 sampai dengan 1984/1985.
  2. Rusdi Muhadi, B.Sc., Kepala Sekolah kedua, semula Kepala STM Negeri Serang, menjabat dari tahun 1985/1986 sampai dengan 1992/1993.
  3. Drs. R.A. Maghfur, Kepala Sekolah PYMT beberapa bulan dan merangkap sebagai Kepala SMT Pertanian Negeri Tangerang.
  4. H. E. Sudirman, Kepala Sekolah ketiga, semula Kepala STM Negeri Rangaks Bitung, menjabat dari tahun 1993/1994 sampai dengan 1998/1999.
  5. Drs. H. Muhyi Syarifudin, Kepala Sekolah PYMT, beberapa bulan yang merangkap sebagai Kepala Kandepdikbud Tangerang.
  6. Drs. Kamalsyah, Kepala Sekolah keempat, semula Kepala STM Negeri Bekasi, mulai menjabat tahun 2000/2001.

Terakhir saya keluar tahun 2003, STM 80 masih dipimpin Pak Kamal. Menurut informasi terbaru sejak 14 Desember 2011, sekolah ini dipimpin oleh Drs. H. Budi Suroso, M.Ed. yang semula Kepala SMK Negeri 5 Tangerang (STM Kelompok Teknologi Informatika).

Beberapa meter dari rumah saya, ada alumni STM 80 angkatan 80-an. Kalau ketemu, dia selalu tanya “Gimana ? Kasman masih jualan ngga?”. Pak Kasman adalah seorang penjual es dan gorengan, “kesetiaan”-nya berjualan di STM 80 mungkin telah merangkaikan komunikasi berpuluh-puluh angkatan. Saya pikir dia adalah The Real Mascot of STM 80 Tangerang.

Satu hal yang membuat saya puas sekolah di STM 80 Tangerang adalah ketika saya masuk semester keempat kuliah di sebuah universitas di Jakarta, di mana mungkin saya sudah lupa dengan nama-nama guru di STM 80, ibu saya memberitahu: “Eris, tadi ada telepon dari sekolah kamu (STM 80, -pen), nanyain kamu udah dapet kerja atau ngga? Ibu jawab kamu nerusin kuliah..”

Terimakasih, 80!

Serpong, 12/02/2012

38 thoughts on “ STM 80 Tangerang: Sebuah Tulisan dari Seorang Alumni ”

    1. Terimakasih brother,
      Saya udah check web Iluni 80, Mohon maaf untuk data alumni, sebaiknya tidak menshare no kontak dan email ke publik ini terkait keamanan. Kalau bisa sebaiknya dibuat keanggotaan jaringan, jadi hanya anggota saja yg tau no kontak dan email.

      Like

  1. ya tuh mndingan jga msuki’n di member veteran 7680 ja bro…
    ex bhotak veteran 7680

    Like

  2. Maaf mau tanya, alamat sekolah menengah teknologi pertanian negri tanggerang kabupaten tanggerang dimana ya, bls ya skrng, tp, yg lengkap ya alamatnya . Saya tahun 1986-1988 dulu kepala sekolahnya pak Drs. R. A. Maghfur. Trims.

    Like

  3. Salam kangen….dari alumni 80 angkatan 99-02…..base jatake 01,…sekarang udah jadi orang medan bah….alamat nya di kota kisaran kabupaten asahan provinsi sumatera utara…..horas mejuah juah….

    Like

  4. Dengan hormat,
    Kami perusahan yang bergerak di bidang jasa rancangbangun, membutuhkan :
    1.Lulusan STM Jurusan teknik bangunan (freshgrade, pengalaman tidak diutamakan)
    2. Umur max 25 th
    3. Bisa CAD 2D lebih disukai bisa 3D
    4.Memiliki SIM.C
    5.Bersedia bekerja/ditempat di Jakarta (akan diberikan fasilitas penginapan)

    Kirimkan CV, PAS FOTO, copy ijazah, melalui email wastudeko@gmail.com
    Terimakasih atas perhatiannya.

    Like

  5. saya usmansah asal sukabumi
    juga alumni stm 80 th 2004 jurusan bangunan… sekarang bekerja di dinas binamarga kabupaten sukabumi ,ada rekan orang serpong se kelas bernama endang herdiana ,sahrudin alip, dali haryono,dll

    Like

  6. Salam kenal..ane ieyoy..alumni 98..basic 34 alcoeboe….jd inget balik school kongkow di robinson sambil mantekin anak 2..petsel 16.ama 4ckl…

    Like

  7. saya mencari tmn sekolah stm pgri tangerang listrik dia dulunya smp sklh nya bareng di smp pgri jatiuwung tangerang dia nmnya erik aryana anaknya pak hamid dulu tinggal di perumahan purati alam jaya psr kemis tangerang S klhnya erik di stm 4cikokol saya nur di smea pgri tangerang th ajaran 1995/1996

    Like

  8. Kisah yang menarik untuk kenang.
    Awal dimana mengenal karakter manusia. Mulai dari kawan yang benar benar solid sampai kawan yang hanya bisa menjadi penonton yang acuh terhadap kawan.
    Salam santun selalu.

    Jika diperkenankan. Saya up yah di blok web http://www.alpetara.org

    Agia Adha (Gibe Base Apotich7621)
    Edisi 2006

    Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.